UMKM Kebanjiran Rezeki Selama Kukarland Festival 2023, Rendi Solihin: Perputaran Uang Capai Miliaran

Kukar– Selama perhelatan Kukarland Festival 2023 yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut dari tanggal 22-23 September ini tidak hanya membuat kaula muda senang dengan kehadiran berbagai artis nasional, namun juga menuai berkah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut menjajakan dagangannya.

Bagaimana tidak, selama berlangsungnya Kukarland Festival tercatat ratusan ribu pengunjung dari berbagai kota di Kalimantan Timur (Kaltim).

Mereka rela mendatangi lokasi Stadion Aji Inbut, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara demi untuk melihat penampilan artis favorit mereka.

Berdasarkan keterangan dari panitia pelaksana Kukarland Festival 2023, dipastikan perputaran uang dapat mencapai miliaran rupiah selama acara berlangsung.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin. Dirinya mengatakan, selama berlangsungnya helatan Kukarland Festival para pelaku UMKM merasakan betul dampak ekonominya.

Bayangkan saja jika satu orang mengeluarkan uang untuk berbelanja dikalikan dengan jumlah pengunjung yang mencapai ratusan ribu orang itu bisa tembus miliaran rupiah per malamnya.

Perputaran uang di hari pertama dan kedua pun diprediksi fantastis. Perputaran ekonomi yang berlangsung pada 22-23 September 2023 ini menembus angka Rp34 Miliar.

“Saya dengar langsung dari pedagang mengatakan bahwa dagangan mereka sudah habis laris manis sejak sore,” ujar Rendi.

Mendengar pengakuan tersebut Rendi pun merasa bahagia melihat para pelaku UMKM dapat tersenyum bahagia.

Ia mengaku semua stand yang disediakan selama acara Kukarland tidak dipungut biaya sepersen pun alias gratis.

Alasan digratiskan stand bertujuan untuk melakukan pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM yang sempat terdampak Covid-19.

“Kami sediakan stand booth bagi UMKM dengan gratis, jadi mereka dapat berjualan dengan tenang tanpa harus memikirkan biaya sewa stand booth,” ucapnya.

Rendi menambahkan, dengan melihat antusias masyarakat sangat tinggi. Ia memastikan Kukarland jilid dua akan tetap dilaksanakan di tahun depan, Rendi berjanji acara di tahun depan akan lebih meriah lagi.

“Saya pastikan tahun depan acara Kukarland akan dilaksanakan lagi dan lebih meriah lagi hingga talentnya juga akan lebih banyak lagi, ” sebutnya.

Sementara itu, Siti seoraang pelaku UMKM pun merasa senang dengan terselenggaranya Kukarland Festival 2023. Sebab, selama berlangsung festival ini dagangannya laris manis.

“Saya salut dengan kepemimpinan Edi- Rendi yang terus memprioritaskan para pelaku UMKM dengan menyediakan stand booth gratis terhadap para pedagang kecil, ” ujarnya.

Ia pun berharap kepada Pemkab Kukar untuk terus memperhatikan para pelaku UMKM di Kukar.

Karena dengan banyaknya acara yang dilaksanakan oleh Pemkab Kukar jelas akan memberikan dampak terhadap bagi pelaku UMKM.

“Dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan pemerintah otomatis para pedagang ini merasa senang karena dapat menjajakan dagangan kepada para pengunjung,” tandasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram