Stok Beras Aman Jelang Natal dan Tahun Baru, DPRD Kaltim Minta Pemprov Kaltim dan Bulog Antisipasi Kemarau

Foto: Ilustrasi suasana gedung bulog di Samarinda

SAMARINDA – Kenaikan harga dan kelangkaan stok bahan pokok sering terjadi menjelang akhir tahun.

Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim, meminta Pemprov Kaltim menjamin ketersediaan stok beras di pasaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Samsun mengatakan kemarau yang melanda Bumi Mulawarman dipastikan berdampak pada penurunan produksi beras.

Ia meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyusun strategi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltim.

“Saat ini yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan stok beras menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Samsun, Selasa (7/11/2023).

Samsun menegaskan diperlukan langkah-langkah antisipasi yang dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya terkait dengan perayaan-perayaan tertentu seperti Lebaran atau Natal.

“Keberlanjutan pasokan pangan sepanjang tahun perlu menjadi perhatian utama,” paparnya.

Meskipun Kaltim selama ini sering mengimpor beras dari luar wilayah ketika stok menipis, namun Samsun mengatakan bahwa fokus utama harus selalu diberikan pada produksi beras lokal.

“Produksi beras lokal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dan merupakan langkah yang diperlukan untuk memastikan ketersediaan beras yang stabil di wilayah Kaltim,” jelasnya.

“Dengan begitu produksi pangan lokal dapat meningkat dan kualitasnya tetap terjaga untuk keberlanjutan masyarakat Kaltim yang berdaulat,” tutupnya. (adv/dprdkaltim)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram