Skytrain Samarinda Menuju Bandara APT Pranoto, Ananda Moeis: Tapi Jangan Abaikan Kesehatan dan Pendidikan

Foto : Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis Ananda Emira Moeis.

SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda berencana membangun skytrain yang akan menghubungkan kawasan Stadion Madya Sempaja, Bandara APT Pranoto, dan Big Mall Samarinda. Rencana ini mendapat dukungan dari Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis.

Ananda mengatakan, ia mendukung rencana pembangunan skytrain sebagai upaya untuk membuat Samarinda lebih modern. Ia menilai, Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur dan penyangga ibu kota negara (IKN) harus berbenah diri untuk menyambut warga pendatang.

“Skytrain adalah gagasan yang bagus dan layak diapresiasi. Kaltim harus siap menjadi sorotan dengan kemajuan pembangunan ibu kotanya,” kata Ananda saat dihubungi media, Senin (23/10/2023).

Namun, Ananda juga mengingatkan agar Pemkot Samarinda tidak melupakan kebutuhan dasar warga, seperti kesehatan dan pendidikan. Ia berharap, Pemkot Samarinda bisa memprioritaskan anggaran dan fasilitas untuk kedua sektor tersebut.

“Kondisi generasi muda harus diperhatikan. Jangan sampai ada anak yang putus sekolah atau keluarga miskin yang sulit berobat. Realisasi anggaran kesehatan dan pendidikan harus didahulukan,” ujarnya.

Ananda juga menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemkot Samarinda mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat jika dibutuhkan. Ia akan menggunakan jalur aspirasi kader PDI-P yang ada di DPR RI.

Menurut Ananda, Kota Samarinda harus memiliki fasilitas dan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, fasilitas kesehatan harus memadai dan sumber daya manusia harus terdidik.

Skytrain Samarinda adalah proyek yang direncanakan untuk menghubungkan Stadion Madya Sempaja dengan Bandara APT Pranoto, kemudian dilanjutkan ke Big Mall Samarinda. Panjang lintasan skytrain mencapai 14,6 kilometer, lebih pendek dari jarak lewat jalan umum yang sekitar 21 kilometer. Waktu tempuh menggunakan skytrain diperkirakan hanya 21 menit.(adv/dprdkaltim)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram