Sebuntal Festival 2023 Sukses Digelar, Rendi Solihin Berharap Tahun Depan Lebih Meriah

Kutai Kartanegara – Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan aksi panggung Mr Jono & Joni dalam kemeriahan acara Pembukaan Sebuntal Festival 2023 yang berlangsung di lapangan Pasar Rakyat Marangkayu, Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Selasa (29/8/2023).

Dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, acara Sebuntal Festival 2023 sekaligus dirangkai dengan pelantikan pengurus Kekraf serta pembukaan Pekan Kreatif Daerah Kecamatan Marangkayu.

Dalam kesempatan ini, Rendi Solihin mengaku cukup bangga atas penyelenggaraan Sebuntal Festival 2023, dimana panitia penyelenggaranya murni masyarakat lokal, terutama para pemuda.

“Ini murni dari masyarakat dan untuk masyarakat juga. Jadi, kalau hari ini kita bisa menggelar dengan sukses, tertib, sampahnya dibersihkan masing-masing, tahun depan kita buat yang lebih meriah lagi,” ungkapnya.

Selain itu, Rendi Solihin juga meminta agar masyarakat yang hadir dapat ikut serta meramaikan produk, maupun jajanan UMKM setempat.

“Selain menjaga kebersihan dan keamanan bersama, ramaikan juga jajanan masyarakat pelaku UMKM, agar pendapatan warga sekitar alami peningkatan, serta ikut terbantu dengan adanya event ini,” pintanya.

Sementara itu, Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, David HK menambahkan, geliat festival di Kukar akan terus berlangsung hingga akhir 2023.

Terkait Sebuntal Festival 2023, awalnya event ini akan digelar pada September mendatang.

Perubahan jadwal tersebut dilakukan karena pada September bakal banyak acara besar, mulai dari Kukar Berholawat, Kukarland Festival hingga Erau.

Sebuntal Festival pun dimajukan menjadi akhir Agustus.

Kendati dilaksanakan tidak sesuai dengan jadwal awal, namun penyelenggaraanya tetap berjalan dengan sukses.

“Dan yang lebih hebatnya lagi, ini semua yang garap masyarakat lokal. Semua yang ada di sini murni dari lokal Kecamatan Marangkayu, mulai dari panitia, pelaku seninya, hingga UMKM-nya,” ucap David HK.

“Jadi, event-event seperti ini yang digelar di setiap kecamatan manyasar kearifan lokal, termasuk untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” sambungnya.

Lanjut ia menjelaskan, event festival yang sudah terselenggara maupun yang belum, merupakan program dedikasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin, yakni Kukar Kaya Festival.

Disampaikannya, Edi-Rendi menginginkan agar event festival tidak lagi terpusat di Tenggarong, namun harus digelar secara merata di setiap kecamatan.

“Ini program dedikasi beliau (Edi-Rendi). Jadi, acara-acara seperti ini tidak hanya digelar di Ibu Kota Kukar saja, tapi menyebar di kecamatan lain,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram