Rendi Solihin Berikan Bantuan Mesin Cas Pada Nelayan di Bantaran Sungai Mahakam

Mesin Cas
Foto : penyerahan bantuan kepada nelayan di bantaran Sungai Mahakam.

Katamedia.id, Kutai Kartanegara – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan bantuan kepada nelayan di bantaran Sungai Mahakam.

Terdapat sedikitnya 10 mesin cas yang diserahkan kepada kelompok nelayan Sapit Galah Biru, Kecamatan Loa Duri Ulu.

Rendi menjelaskan, penyerahan bantuan berupa mesin cas tersebut termasuk dalam program 25 ribu nelayan produktif, sebagaimana diatur dalam RPJMD 2021-2026.

“Ya, ini merupakan lanjutan dari program 25 ribu nelayan produktif, dan Insya Allah tetap akan kami lanjutkan, walaupun sejauh ini target 25 ribu nelayan sudah tercapai,” jelasnya.

Lanjut Rendi menjelaskan, perhatian besar kepada nelayan, maupun masyarakat perikanan tak terlepas dari besarnya potensi perikanan yang dimiliki Kukar.

Hal ini lah menjadi salah satu penyebab Pemkab Kukar rajin menggelontorkan bantuan.

“Potensi perikanan kita ini sangat besar, sayang jika tidak dimanfaatkan oleh nelayan kita. Maka dari itu, kami pemerintah akan senantiasa mendukung aktivitas masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Saidi, anggota kelompok nelayan Sapit Galah Biru, menjelaskan, bantuan ini baru pertama kali didapatkan oleh kelompoknya.

Saidi mengungkapkan, pengajuan bantuan telah dilakukan pihaknya sejak awal 2023 lalu, dan Ia bersyukur dapat terealisasi di akhir tahun.

“Baru pertama kali dapat bantuan, makanya kami sangat bersyukur, karena kalau bukan pemerintah, siapa lagi yang perhatian kepada nelayan kecil seperti kami ini,” ucapnya haru.

Ia memastikan, bantuan tersebut akan digunakan sebaik-baiknya untuk aktivitas nelayan, baik mencari ikan, udang dan lainnya.

Pihaknya pun berharap ke depan bisa mendapatkan bantuan berupa perahu, dan program ini bisa tetap berjalan di tahun mendatang.

“Mudah-mudahan program ini bisa berlanjut. Kami sebagai nelayan kecil mengharapkan kepedulian, perhatian dan pembinaan dari pemerintah.”

“Ke depan, kalau bisa kita diberi bantuan perahu, karena perahu ini kebutuhan yang cukup mendesak bagi kami,” pungkasnya. (*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram