RDP Sengketa Klaim Kepemilikan Lahan, Baharuddin: Perlu Ada Verifikasi dan Izin Terpublikasi

Samarinda-Ketua komisi I DPRD Kaltim, Baharuddin mengatakan bahwa proses pengadilan antara kedua belah pihak terkait masih dalam proses dan telah ada kesepakatan untuk melakukan peninjauan ke lapangan. Senin (7/8/2023)

“Komisi I DPRD Kaltim akan ke sana, namun belum bisa di pastikan karena ini padatnya jadwal di DPRD. Tapi tetap kami kelapangan,” Tegasnya.

Dalam peninjauan lapangan tersebut, Baharuddin juga ikut andil dalam mengajak pihak Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Samarinda dan Kanwil BPN Balikpapan, pihak Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) juga kedua belah pihak terkait dan juga Komando Daerah Militer (Kodam).

Baharuddin memberikan catatan penting kepada pemerintah mengenai mekanisme tahapan pembebasan yang terpublikasi dengan baik ke masyarakat ketika ditanya mengenai banyaknya, Komisi I aduan soal sengketa yang diterima Komisi I DPRD Kaltim.

Selain itu, harus ada izin lahan dari pemilik sehingga masalah serupa tidak terjadi lagi.

“Sebenarnya tidak akan muncul masalah kalau kita melakukan pembangunan dan membuat program jika lahannya sudah clear dan mendapat izin, yang jadi masalah adalah jika tidak izin dan lahan orang kita ambil karena tidak semua orang mau. Sementara pemilik lahan memiliki hak atas tanah tersebut,” terangnya.

Baharuddin berharap agar kedepannga masalah sengketa lahan initidak banyak terjadi lagi. Melakukan program pembangunan perlu verifikasi yang harus tersampaikan dengan baik kepada masyarakat agar tidak muncul masalah-masalah di kemudian hari. (Adv/dprd kaltim)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram