Rahmat Darmawan: 2023 Santri TPQ Nurul Amin Di Sanga-sanga Bakal Punya Ruangan Belajar Baru

Foto : Rahmat Dermawan Menyampaikan Rencana Pembangunan TPQ di RT 17 Yang akan direalisasikan tahun 2023 di kecamatan Sanga Sanga kelurahan Sanga Sanga dalam

Katamedia.id,Tenggarong – Santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nurul Amin di Kecamatan Sanga sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akhirnya bisa belajar lebih nyaman.

TPQ Nurul Amin baru-baru ini telah mendapat bantuan pembangunan dari pemerintah Kutai Kartanegara melalui Staf Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rahmat Darmawan.

Berawal dari keluhan warga mengeluhkan terkait fasilitas TPQ Nurul Amin yang minim dan serba terbatas. Setelah itu, Rahmat Darmawan mencoba untuk memfasilitasi warga tersebut.

Rahmad Darmawan Caleg DPRD Kab Kukar 2024 Dapil Samboja mengaku dirinya hanya menjadi jembatan antara warga dan pemerintah daerah dalam pembuatan proposal sampai kepada permohonan yang ditujukkan untuk Wakil Bupati Kukar.

Diketahui untuk lokasi pembangunan TPQ Nurul Amin yang baru yaitu berada di RT 17 Kelurahan Sanga sanga Dalam, Kecamatan Sanga sanga, Kukar.

Atas hal tersebut, Guru TPQ Nurul Amin Tatik Juliat Masari mengatakan, untuk pembangunan TPQ Nurul Amin sendiri akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Sementara bantuan yang diberikan pada tahap pertama untuk pembangunan TPQ Nurul Amin yaitu berupa realisasi dana terkait pembangunan ruang kelas belajar berukuran 5×17 meter.

“Alhamdulillah pembangunan TPQ Nurul Amin bakal dibangun tahun ini menggunakan tanah yang diwakafkan oleh salah satu warga,” ujarnya, Kamis (16/3/2023).

Sebelum mendapat bantuan pembangunan dari Pemkab Kukar, kondisi TPQ Nurul Amin sangat prihatin karena hanya memiliki dua ruang belajar yang berukuran sangat minimalis.

Ruang belajar ini sudah tidak mampu lagi menampung siswa yang jumlahnya mencapai 50 santri. Hal ini dinilai sangat tidak efektif.

“Saya harap bantuan ini bisa terus berlanjut untuk memperhatikan binaan di Sanga sanga,” harapnya.

Staf Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rahmat Darmawan menceritakan awal mula pemberian bantuan bagi pembangunan TPQ Nurul Amin.

Bantuan ini bermula dari rasa keprihatinan salah satu warga yang ingin membantu pembangunan TPQ di wilayah tempatnya tinggal.

Hanya saja, warga tersebut tidak memiliki uang untuk membangun ulang TPQ Nurul Amin. Dia hanya sanggup untuk mewakafkan tanahnya.

“Kami bertemu tahun lalu, berlanjut komunikasi ke dinas terkait agar surat bisa dihibahkan ke pemerintah dan pemerintah bisa mengalokasi anggaran,” kata Rahmat Darmawan.

Sebagai fasilitator yang dipercaya oleh Pemkab Kukar, Rahmat Darmawan mengaku telah lama menjalin komunikasi terkait pembangunan TPQ Nurul Amin dengan pihak RT dan wali murid.

Ada pun bantuan yang direalisasikan oleh Pemkab Kukar untuk dibangun berupa pembangunan ruang kelas TPQ yang baru, lengkap dengan atap dan lantai.

“Kalau untuk meja dan kursi masih menggunakan barang yang lama. Dan saat ini progresnya konsultan sudah turun melihat kondisi di lapangan,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram