Pulau Kumala Akan Punya Waterboom dan Kolam Gelombang, Ini Kata Wakil Bupati Kukar

TENGGARONG – Pulau Kumala, yang menjadi ikon wisata Kota Tenggarong, kini sedang dibangun kembali oleh Pemkab Kukar. Pulau yang terletak di tengah Sungai Mahakam ini pernah populer dengan wahana Kereta Gantung dan Sky Tower, namun kini sudah tidak beroperasi.

Untuk mengembalikan kejayaan Pulau Kumala, Pemkab Kukar mengalokasikan Rp 8 Miliar untuk menambah dan meningkatkan fasilitas di pulau tersebut. Salah satu proyek yang sedang dikerjakan adalah waterboom, yang sudah mencapai 30-40 persen progress.

“Kami terus berusaha untuk menyelesaikan waterboom ini. Seluncuran airnya masih dalam pengiriman,” ujar Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Waterboom ini berada di tengah pulau, dekat dengan gokart. Selain itu, juga akan ada ornamen-ornamen lain yang akan mempercantik pulau ini.

“Target kami adalah waterboom ini bisa selesai dan dibuka untuk umum pada akhir tahun ini,” tutur Rendi Solihin.

Ia juga mengungkapkan bahwa pengembangan Pulau Kumala akan terus dilakukan pada tahun 2024. Rencananya, akan ada kolam gelombang yang akan ditambahkan di sana.

“Kami ingin terus mengembangkan Pulau Kumala. Kolam gelombang akan menjadi salah satu wahana baru di tahun depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadi Raharjo, mengharapkan waterboom ini bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Ia juga berharap Pulau Kumala bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Kami mengundang teman-teman media untuk berkunjung ke Pulau Kumala dan melihat langsung perkembangannya. Kami mohon doa agar semua berjalan lancar dan tepat waktu,” pungkasnya.(adv/diskominfo kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram