Perjalanan Desa Tanjung Batu hingga Menjadi Desa Mandiri

Foto : Kantor Desa Tanjung Batu (Istimewa)

TENGGARONG – Desa Tanjung Batu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), meraih prestasi istimewa dengan menjadi salah satu dari 24 desa mandiri di kabupaten tersebut. Capaian ini merupakan hasil dari perjuangan melalui pembangunan infrastruktur dan pengembangan desa.

Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Batu telah melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desanya. Salah satu langkah kunci adalah memberikan pelatihan kewirausahaan dan ketahanan pangan kepada warga.

Pemdes Tanjung Batu juga memperoleh dukungan dari program Kukar Idaman yang membantu mengatasi berbagai masalah dalam pengembangan desa. “Kami juga telah fokus pada perbaikan infrastruktur desa, terutama perbaikan jalan yang mendukung sektor pariwisata desa,” ungkap Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, pada Jumat (13/10/2023).

Desa Tanjung Batu memiliki potensi wisata yang signifikan, terutama setelah diangkat sebagai lokasi pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional. Kawasan ini dikelola oleh masyarakat desa dengan kerjasama antara TNI, Pemerintah Kabupaten Kukar, Pemdes Tanjung Batu, dan pelaku usaha di Tenggarong Seberang.

Di kawasan seluas 460 hektare ini, tidak hanya terdapat lahan pertanian padi, tetapi juga tanaman hortikultura seperti jahe dan cabai, serta budidaya ikan.

“Kami percaya bahwa dengan potensi yang dimiliki, desa kami akan terus berkembang menjadi desa mandiri yang kompetitif,” pungkasnya.(adv/diskominfo kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram