Pemkab Kukar Siapkan Pabrik Pakan Ikan di Loa Kulu untuk Mendukung Nelayan Lokal

Foto : Ilustrasi pabrik pakan ikan. (Istimewa)

TENGGARONG – Menghadapi lonjakan harga pakan ikan yang menjadi permasalahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) merencanakan pembangunan pabrik pakan ikan di Kecamatan Loa Kulu pada tahun depan. Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Arbani, mengonfirmasi langkah ini.

Arbani menyoroti urgensi keberadaan pabrik pakan ikan ini dalam mendukung masyarakat Kukar yang banyak mengandalkan sektor perikanan, terutama budidaya ikan. Menurutnya, Loa Kulu dipilih sebagai lokasi pabrik ini karena wilayah tersebut memiliki kawasan budidaya ikan yang luas dan berdekatan dengan beberapa kota besar di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Keberadaan pabrik pakan ikan sangat penting mengingat jumlah petani ikan yang ada di Kukar cukup besar. Ini berlaku tidak hanya untuk Loa Kulu, tetapi juga untuk daerah lain seperti Tenggarong, Tenggarong Sebrang, dan wilayah hulu,” kata Arbani pada Sabtu (14/10/2023).

Arbani berharap bahwa pabrik pakan ikan ini akan memberikan akses lebih terjangkau kepada masyarakat petani dan nelayan serta memastikan kualitas pakan ikan yang baik.

“Dengan hadirnya pabrik ini, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan dan daya saing produk pakan ikan lokal di pasar,” pungkasnya.(adv/diskominfo kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram