Pemkab Kukar Siapkan Kredit Nol Persen untuk Pelaku Usaha, Petani, dan Nelayan

Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki program khusus untuk membantu masyarakat Kukar yang berkecimpung di bidang usaha, pertanian, dan perikanan. Program tersebut adalah Kredit Kukar Idaman (KKI), yaitu program kredit dengan bunga nol persen yang bekerjasama dengan Bank Kaltimtara.

Program KKI ini merupakan salah satu dari 23 Program Dedikasi Kukar Idaman yang menjadi arah pembangunan Kukar Idaman 2021-2026. Program ini juga termasuk dalam Program Usaha Kecil Idaman yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM.

“Program KKI ini kami hadirkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kukar yang ingin memulai atau mengembangkan usaha mereka. Kami tidak ingin masyarakat Kukar terjebak dalam lingkaran rentenir yang menjerat dengan bunga yang sangat tinggi. Kami ingin masyarakat Kukar bisa berdaya dan mandiri dengan usaha mereka,” kata Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat ditemui wartawan pada Jumat (3/11/2023).

Untuk mendapatkan kredit KKI ini, Anda tidak perlu mengurus banyak dokumen. Anda hanya perlu datang ke Bankaltimtara dengan membawa persyaratan yang sangat minim. Anda bisa mendapatkan kredit dengan bunga nol persen dan angsuran yang sesuai dengan usaha Anda.

Program KKI ini tidak hanya memberikan modal usaha, tapi juga memberikan dukungan lain kepada pelaku UMKM. Pemkab Kukar menyediakan Klinik UMKM di setiap kecamatan atau zona yang memiliki potensi UMKM untuk memberikan konsultasi dan pelatihan. Pemkab Kukar juga membantu pelaku UMKM untuk masuk ke pasar digital dengan menyediakan sertifikat halal dan kelayakan produk.

“Kami ingin pelaku UMKM di Kukar bisa meningkatkan kualitas dan pemasaran produk mereka. Kami ingin pelaku UMKM di Kukar bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, kami memfasilitasi segala kebutuhan mereka untuk memenuhi standar kualitas dan pemasaran. Kami mengharapkan kerjasama dan partisipasi dari pelaku UMKM untuk mengikuti program KKI dan program lainnya yang kami sediakan,” ucap Edi.(adv/diskominfo kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram