Malam puncak Festival Kota Juang Sanga-sanga, pecah!

Katamedia.id, Kutai Kartanegara – Puncak Festival Kota Juang Sanga-sanga dimeriahkan dengan penampilan Mr Jono & Joni, Selasa (30/1/2024).

Puluhan ribu masyarakat memadati lapangan Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Diketahui, Festival Kota Juang Sanga-sanga digelar sejak 26 Januari, dan berakhir pada 2 Februari 2024 mendatang.

Selain konser musik, terdapat banyak kegiatan lainnya, seperti penampilan tari tradisional, expo UMKM, hingga pameran pembangunan.

Turut hadir Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, didampingi jajaran Pemkab Kukar, bersama TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Rendi mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir, bahwa Sanga-sanga merupakan saksi sejarah perjuangan para pahlawan melawan penjajah.

“Jadi, tujuannya untuk mengingatkan kita semua, bahwa di sini (Sanga-sanga) pernah terjadi pertumpahan darah, perjuangan luar biasa dari pahlawan kita. Tadi kegiatan ini juga diawali dengan mengheningkan cipta,” ucap Rendi dalam sambutannya.

Selain untuk mengenang perjuangan dan jasa pahlawan, digelarnya Festival  tersebut juga untuk meningkat perekonomian masyarakat setempat.

Di mana kita ketahui, Festival ini juga menyediakan pelaku usaha kreatif dan UMKM untuk menjajakan produk usahanya.

“Kita harapkan multiplier effect, perputaran ekonomi di Kecamatan Sanga-sanga bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Lanjut Rendi menjelaskan, Festival Kota Juang Sanga-sanga menjadi event pembuka Program Kukar Kaya Festival 2024.

Setelah Festival Kota Juang Sanga-sanga, selanjutnya akan digelar event di Kecamatan, dan menyusul di Kecamatan Samboja.

“Dan, akan terus berlanjut sepanjang tahun ini,” imbuh Rendi.

Sementara itu, Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar, Akbar Haka menambahkan, pelaksanaan Festival tersebut telah menghasilkan perpuaran uang mencapai Rp 7,5 Miliar.

“Akan terus bertambah hingga hari penutupan nanti,” ucapnya singkat. (*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram