Lomba MTQ di Tenggarong Seberang: Mencari Bibit Unggul Generasi Islami

Foto : Suasana MTQ Tingkat Kecamatan di Tenggarong Sebrang

TENGGARONG – Lomba Musabaqah Tilawah Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tenggarong Seberang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah resmi ditutup pada 21 Oktober 2023 di Desa Buana Jaya. MTQ ini diikuti oleh 18 desa yang ada di Tenggarong Seberang dengan berbagai kategori lomba, seperti Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Adzan, Lomba Melukis Islami, Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Pidato PAI (LPP), dan Khutbah Jum’at.

MTQ ini bertema “Kita Wujudkan Generasi Islami Yang Cerdas, Berakhlaqul Karimah serta Toleran dalam Kehidupan Menuju Tenggarong Seberang Rukun Damai Sejahtera”. Tema ini mengandung makna bahwa MTQ ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membentuk generasi-generasi Islam yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono, mengatakan bahwa MTQ ini merupakan kesempatan untuk menyeleksi khafilah MTQ terbaik yang akan mewakili Tenggarong Seberang di tingkat Kabupaten. MTQ tingkat Kabupaten akan digelar pada 10 November 2023 di Kecamatan Kota Bangun Darat.

“Kami ingin melihat potensi-potensi yang ada di setiap desa, mulai dari kelas dai cilik atau pildacil dan Qoriahnya. Kami akan seleksi di tingkat kecamatan dulu, baru nanti mewakili kecamatan ke tingkat kabupaten,” kata Tego, Sabtu (28/10/2023).

Tego juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pondok pesantren dan kelompok pengajian di setiap desa yang melakukan pembinaan MTQ. Ia berharap MTQ ini dapat menjadi wahana untuk pengembangan syiar agama dan regenerasi khafilah MTQ.

“Kami berharap potensi-potensi syiar agama ini bisa menghasilkan bibit-bibit baru nantinya. Karena kami sudah lima kali meraih juara di tingkat provinsi, sehingga harus ada generasi penerusnya nanti,” ujarnya.(adv/diskominfo kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram