Laporan IAP 2022, Samarinda Raih Peringkat ke-9 Kota Layak Huni di Indonesia

Laporan IAP 2022
Foto: Wali Kota Samarinda Andi Harun saat diwawancarai awak media.

Katamedia.id, Samarinda – Laporan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) menunjukkan bahwa Kota Samarinda masuk dalam 10 besar skor tertinggi Kota Layak Huni (KLH) di Indonesia pada 2022. Kota Samarinda meraih skor Most Livable City Index (MLCI) sebesar 71,8 dari skala 100 poin.

Hal itu juga dibenarkan oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun yang mengaku bangga dengan predikat yang telah tiraih tersebut.

Bahkan, menurutnya juka predikat KLH yang diraih ini merupakan prestasi yang luar biasa, serta sebagai barometer keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

“Terutama dalam pengendalian banjir, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Samarinda,” ujar pria yang akrab disapa AH itu belum lama ini.

Diketahui, skor tersebut diambil berdasarkan survey persepsi warga terkait 28 indikator yang mencakup fasilitas kesehatan, ketahanan pangan, transportasi, keamanan, pengelolaan sampah, hingga pelayanan pemerintahan.

Di mana, dengan keberhasilan ini AH menjelaskan juga akan berdampak positif dalam menarik minat investor untuk berinvestasi di Kota Samarinda. Selain itu, dia menilai keberhasilan ini merupakan jeripayah dari seluruh pihak.

“Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari kerja keras dalam membangun infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” imbuhnya.(*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram