Kukar Segera Terapkan Senam Jepen Di Sekolah

Kutai Kartanegara – Sesuai dengan himbauan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) mewajibkan senam atau gymnastics sebagai olahraga wajib di sekolah. Untuk itu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin mendukung penerapan senam jepen yang akan diterapkan di sekolah se – Kukar.

Rendi mengungkapkan, penerapan aturan ini akan dipadukan dengan budaya setempat.
Sekaligus merakyatkan olahraga di kalangan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Penetapan ini didorong untuk pembentukan fisik dan karakter generasi masa kini untuk generasi muda ke depannya di semua cabang olahraga.

“Informasi dari Dispora Kukar masih digodok regulasinya. Jika disetujui akan segera dilaksanakan di bulan September,” ujar Rendi.

Dijelaskannya, Senam Jepen merupakan perpaduan gerakan senam atletik bersama dengan tarian Jepen. Sebuah tarian tradisional asal Kutai. Kedua gerakan ini dipadukan dengan lagu tarian Jepen.

Rendi menyebut, peserta senam akan mendapatkan instruktur yang telah mempelajari gerakan ini. Gerakannya ditampilkan melalui video taping yang disediakan Dispora Kukar.

“Ini pertama kalinya, dan Pemkab Kukar masih mempersiapkan gerakan dan video instrukturnya,” sebutnya.

Rendi memastikan, Senam Jepen ini merupakan upaya pemerintah lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dalam melestarikan budaya Kutai.

Khususnya di era modern karena sudah menjadi peran pemerintah untuk ikut mengangkat seni budaya Kutai.

Sebab itu, Pemkab Kukar melalui Dispora terus mensosialisasikan senam jepen sembari menunggu anggaran pelaksanaan dari APBD-Perubahan 2023.

“Dispora tengah mempersiapkan, juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memasyarakatkan tarian jepen ini,” tandasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram