Kukar Bershalawat Bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf Dihadiri Puluhan Ribu Jemaah

Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) berkolaborasi dengan sejumlah lembaga dakwah dan pihak lainnya menggelar acara ‘Kukar Bersholawat’, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kukar, Jumat (8/9/2023) malam.

Puluhan ribu jama’ah yang hadir turut dalam lantunan sholawat, doa dan ceramah yang dipimpin langsung oleh ulama kenaaman asal Pekalongan, Jawa Tengah, Habib Ali Zainal Abidin Assegaf.

Dalam kesempatan ini, hadir langsung sekaligus membuka acara, Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin, yang tampak kompak mengenai pakaian putih lengkap menggunakan peci.

Tak hanya Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, Kukar Bersholawat juga dihadiri Habib Muhammad Al Jufri, Al Habib Aulia Bin Yahya dan KH Zhofaruddin atau yang akrab disapa Guru Udin asal Samarinda.

Tak hanya banjir manusia, hujan air mata juga terjadi, yang membuat jalannya Kukar Bersholawat semakin khidmat.

“Alhamdulillah, kami bersyukur antusias masyarakat luar biasa terhadap Kukar Berholawat ini. Kami tidak menyangka, terlebih ini pertama kalinya digelar di periode kepemimpinan kami,” ungkap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Rendi menuturkan, Kukar Bersholawat telah dipersiapkan sejak awal 2023. Sempat beberapa kali terjadi penundaan akibat padatnya kesibukan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf.

Namun, pihaknya juga tidak ingin terburu-buru untuk melaksanakan kegiatan tersebut, hingga akhirnya Kukar Bersholawat sukses dilaksanakan pada awal September ini.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah mau dilaksanakan beberapa bulan lalu. Tapi, kita tetap menyesuaikan dengan waktu penceramah yang kita undang. Dan, akhirnya bisa terlaksana malam ini,” tutur Rendi.

Kukar Bersholawat ini bukanlah yang pertama dan terakhir di 2023, nantinya kembali digelar pada akhir tahun mendatang.

Saat ini pihaknya tengah memastikan lokasi digelarnya Kukar Bersholawat volume II, antara Kecamatan Tenggarong atau Kecamatan Kota Bangun.

“InsyaAllah akan digelar lagi, opsinya digelar di Tenggarong atau Kota Bangun. Untuk penceramah, Habib Ali Zainal Abidin Assegaf kembali akan kita undang,” tutur politisi asal PDI Perjuangan itu kepada awak media.

“Kukar Bersholawat ini adalah doa dan ikhtiar kita untuk membumikan sholawat di Kukar, agar kita semua senantiasa diberi perlindungan, kesehatan, apa yang kita kerjakan dapat diridhoi, dan tentunya untuk keberkahan seluruh masyarakat,” pungkas Rendi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram