Kukar Bebaya, Program Pemkab Kukar yang Sukses Membangun Desa

Foto : Kepla DPMD Kukar, Arianto (Istimewa)

TENGGARONG – Semua desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini telah meningkatkan kemandiriannya. Tidak ada lagi desa yang termasuk dalam kategori Sangat Tertinggal.

Pencapaian ini berkat Program Dedikasi Kukar Idaman, atau yang disingkat Kukar Bebaya. Program ini merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar dalam mengembangkan desa.

“Program ini dimulai sejak tahun 2021. Saat itu, kami masih memiliki tujuh desa Sangat Tertinggal, 98 desa Berkembang, 64 desa Maju, dan 24 desa Mandiri,” ujar Kepala DPMD Kukar, Arianto, pada Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, program Kukar Bebaya melibatkan berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan. Salah satu upayanya adalah bekerja sama dengan Bankaltimtara untuk memberikan layanan perbankan di setiap desa.

“Kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menyediakan posyandu dan puskesmas pembantu (Pusban) di setiap desa. Kami juga menambah jumlah bidan dan tenaga kesehatan (Nakes) di desa,” tambahnya.

Hasilnya, pada tahun 2022, tidak ada lagi desa Sangat Tertinggal di Kukar. Jumlah desa Berkembang menurun menjadi 48, sedangkan desa Maju naik menjadi 69 dan desa Mandiri menjadi 76.

“Ini menunjukkan bahwa Indeks Desa Membangun (IDM) di Kukar terus meningkat. Saat ini, IDM Kukar sudah mencapai 0,776. Kami berharap pada tahun 2024 bisa mencapai 0,788 dan mendekati angka 0,8 yang artinya mandiri,” pungkasnya.(adv/diskominfo kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram