Kemilau Batik Festival, Bangkitkan Gairah Desainer dan UMKM Kutim

Kutai Timur, Katamedia.id – Kemilau Batik Festival (KBF) yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Timur (Kutim) bukan hanya pentas seni dan promosi batik khas daerah semata. KBF juga menjadi ajang untuk membangkitkan gairah kreatifitas desainer lokal dan menggerakkan perekonomian masyarakat terutama sektor UMKM.

Diketahui, FKB Kutim digelar di Polder Ilham Maulana Sangatta selama 2 hari, dari 2-3 Desember 2023. Malam puncak acara berlangsung meriah dengan menghadirkan penyanyi ibu kota, Zinidin Zidan, Minggu (4/12/2023).

Festival ini di isi serangkai penampilan wastra batik karya designer lokal Kutim yang diperagakan oleh model.

Kepala Dispar Kutim, Nurullah, menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk tidak hanya mempromosikan batik khas daerah, tetapi juga untuk mendukung para desainer lokal, baik yang telah memiliki hak paten atas karyanya maupun mereka yang masih dalam tahap pemula.

“Kita berharap batik-batik di Kutai Timur ini mendapatkan wadah dan mendapatkan tempat untuk bisa kita promosikan,” ujarnya.

Nurullah menegaskan bahwa festival ini menjadi wadah yang mempromosikan serta mendukung batik Kutim, baik yang sudah mapan maupun yang masih dalam proses pengembangan.

“Batik Kutai Timur sudah ada beberapa yang memiliki hak kekayaan intelektual (HAKI), juga masih ada yang pemula. Nah, melalui kegiatan ini, kita memberikan tempat untuk mereka tampilkan,” tambahnya.

Nurullah juga menekankan bahwa festival ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada ekonomi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kutim yang bergerak di bidang batik.

“Dengan meningkatnya promosi dan apresiasi terhadap batik lokal, diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan pendapatan para pelaku UMKM,” tandas Nurullah.(adv/heris).

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram