DPRD Kaltim Akan Temui Pj Gubernur Bahas Serapan Anggaran APBD 2023

Foto: Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim

SAMARINDA – Serapan anggaran APBD 2023 di Kalimantan Timur (Kaltim) masih rendah di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini menjadi perhatian DPRD Kaltim yang akan segera melakukan koordinasi dengan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, mengatakan bahwa koordinasi ini bertujuan untuk menindaklanjuti hasil evaluasi Pemprov Kaltim terkait serapan anggaran OPD yang kurang maksimal. Ia mengapresiasi langkah Pj Gubernur yang sudah memberikan pendampingan dan coaching bagi OPD yang bersangkutan.

“Langkah konkret harus segera diambil mengingat pentingnya maksimalisasi daya serap APBD 2023. Koordinasi dengan pak Akmal Malik akan segera kami laksanakan,” ucap Seno Aji, Senin (6/11/2023).

Seno juga menekankan pentingnya fungsi pengawasan oleh lembaga legislatif untuk segera menangani isu ini, terutama dengan waktu yang semakin mepet jelang akhir tahun 2023.

“Beberapa dinas seperti Dinas PUPR-PERA Kaltim dan Disdikbud Kaltim perlu mendapat perhatian ekstra,” tuturnya.

Seno menyebutkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya serapan anggaran OPD adalah keterlambatan pembayaran ke pihak ketiga. Hal ini didapat dari informasi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim.

“Kami mendorong OPD untuk segera menyelesaikan pembayaran kepada pihak ketiga, demi optimalisasi serapan anggaran,” tandasnya. (adv/dprdkaltim)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram