Camat Muara Badak Memberikan Dukungan Kuat untuk Pembangunan Pabrik Pengolahan Rumput Laut

Foto : Pabrik rumput laut di Muara Badak.

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus berkomitmen untuk menggerakkan sektor hilirisasi dengan mendirikan pabrik pengolahan rumput laut di Kecamatan Muara Badak. Dalam upaya ini, Camat Muara Badak, Arfan, memberikan dukungan penuh, mengakui potensi besar yang dimiliki oleh proyek ini.

Arfan dengan tulus menyambut baik langkah Pemkab Kukar dalam membangun pabrik pengolahan rumput laut di Desa Muara Badak Ulu. Menurutnya, pabrik ini akan berfungsi sebagai pusat pengelolaan hasil produksi petani rumput laut di Kecamatan Muara Badak, yang selama ini telah menghasilkan produksi melimpah.

“Kami sangat mendukung upaya hilirisasi ini, dan kami berharap pabrik ini akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi petani rumput laut di sini,” ujar Arfan dalam wawancara pada Rabu (4/10/2023).

Proses pembangunan pabrik ini telah dimulai pada tahun 2021 oleh Pemkab Kukar, dan saat ini tinggal menunggu pengadaan mesin pengolahan rumput laut. Fasilitas fisik pabrik tersebut sudah selesai dibangun.

Pabrik pengolahan rumput laut ini bertujuan utama untuk meningkatkan perekonomian petani rumput laut di Kukar melalui pendekatan hilirisasi dalam sektor pertanian. Kehadiran pabrik ini diharapkan akan membantu dalam meningkatkan harga dan stabilitas komoditas rumput laut di daerah tersebut.

Ramlan, Ketua Pokdakan Salok Sumbala Sejahtera Muara Badak, menjelaskan bahwa di Kecamatan Muara Badak sudah ada 70 kelompok petani yang terlibat dalam budidaya rumput laut. Selain itu, terdapat sekitar 4 ribu hektar perairan yang potensial untuk budidaya rumput laut, dengan 1 ribu hektar di antaranya sudah aktif dikelola. Program ini juga direncanakan akan diperluas ke kecamatan tetangga, seperti Anggana, yang memiliki sekitar 2 ribu hektar perairan yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Kami berharap pabrik ini dapat segera beroperasi sehingga petani rumput laut di Kecamatan Muara Badak dan sekitarnya dapat merasakan peningkatan kesejahteraan,” pungkasnya. (Adv/diskominfo Kukar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram