Belajar tentang PUG, Pansus DPRD Kutim Kunjungi Dewan Kaltim

Foto: Suasana kunjungan DPRD Kutim ke DPRD Kalti

SAMARINDA – Rombongan dari Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pengarusutamaan Gender (PUG) DPRD Kutim mengunjungi DPRD Kaltim, Senin (13/11/2023).

Rombongan pansus DPRD Kutim, yang dipimpin oleh Ketua Pansus PUG DPRD Kutim, Muhammad Amin, diterima oleh Rusman Yaqub, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar tentang pembahasan pengarusutamaan gender oleh DPRD Kaltim, yang telah lebih dulu membahas raperda inisiatif tentang PUG.

“DPRD Kaltim lebih dulu membahas dan telah melakukan banyak pertemuan dengan berbagai instansi terkait, juga melakukan konsultasi ke pemerintah pusat melalui kementerian yang terkait karena itu penting untuk hari ini kami belajar dan menerima banyak masukan,” kata Muhammad Amin.

Muhammad Amin menjelaskan latar belakang lahirnya raperda inisiatif DPRD Kutim ini adalah masih adanya fakta tentang ketenagakerjaan di lingkungan Kabupaten Kutim masih belum terpenuhi unsur PUG.

Muhammad Amin menyebut penyerapan ribuan tenaga kerja di perusahaan khususnya bergerak di sektor pertambangan yang masih banyak didominasi kaum adam.

Sementara itu, Rusman Yaqub, mengungkap pengarusutamaan gender perlu menjadi bagian dari strategi perencanaan pembangunan nasional, provinsi, dan daerah.

Kendati tidak bersifat hirarki payung hukum PUG lebih mengena di daerah, masyarakat dan wilayah merupakan milik kabupaten/kota.

“Perda PUG itu semua mencakup perencanaan pembangunan, masuk dalam kerangka kesetaraan gender tidak ada sekat-sekat seolah-olah perempuan terabaikan,” ungkapnya.

“Jadi setiap OPD dituntut dalam membuat program dan kegiatannya tidak ada lagi diskriminasi gender,” tegasnya. (adv/dprdkaltim)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram