Baznas Kutim Berhasil Kumpulkan Rp 300 Juta Lebih untuk Bantu Palestina

Baznas Kutim
Foto: Bantuan untuk warga Palestina yang sudah dilakukan secara berkala dari Baznas RI.

Katamedia.id, Sangatta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) umumkan hasil donasi yang telah berhasil dikumpulkan oleh pihaknya.

Ketua Baznas Kutim Masnif Sofwan menyampaikan melalui program ‘Membasuh Luka Palestina’, pihaknya berhasil mengumpulkan sebesar Rp 332.332.000.

“Berdasarkan laporan terakhir sampai tanggal 22 Desember 2023, jumlah donasi yang masuk sekitar Rp 332.332.000, dari program tersebut,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan bahwa hasil penggalangan yang dilakukan oleh Baznas Kutim ini melalui kolaborasi dengan seluruh masyarakat.

Mulai dari personel, komunitas, instansi horizontal maupun vertikal, sekolah, masjid, kelompok masyarakat maupun sejenisnya.

“Bantuan yang telah dikumpulkan sejak tanggal 18 Oktober 2023, kami salurkan secara bertahap dan terpusat kepada Baznas Provisni Kalimantan Timur (Kaltim) dan Baznas RI,” tegasnya.

Sesuai dengan target nasional sebesar Rp 12 miliar, Baznas RI bekerja sama dengan seluruh Baznas provinsi dan kabupaten/kota untuk terus berkomitmen membantu warga Palestina.

“Hal ini dilakukan guna optimalisasi bantuan yang dibutuhkan secara darurat bagi warga Palestina. Kegiatan penggalangan dana untuk Palestina ini dilakukan melalui berbagai cara, baik online maupu offline,” bebernya.

Berkat banrtuan dari seluruh pihak, Masnif menyampaikan bahwa bantuan yang telah disalurkan tidak hanya bahan bakar, makanan dan obat-obatan saja.

“Namun juga bantuan kebutuhan dasar untuk sehari-hari seperti matras, selimut, hygiene kit, perlengkapan bayi, peralatan dapur, air dan sebagainya,” tuturnya.

“Baznas Kutim mengucapkan terima kasih banyak atas kerja sama yang luar biasa dari seluruh masyarakat Kutim sehingga donasi yang diberikan dapat terkumpul,” lanjutnya.

Bantuan ini kemudian akan disalurkan 100 persen untuk warga Palestina. Selain itu, Baznas Kutim juga terus berupaya memberikan yang terbaik sesuai dengan prinsip 3 aman.

“Yakni aman regulasi, aman NKRI, dan aman syar’I sesuai dengan cita-cita Baznas yaitu menjadi lembaga pertama dalam menerima zakat dan lembaga utama dalam menyejaterakan ummat,” tegasnya.

Beberapa mitra yang bekerja sama dalam gerakan ‘Membasuh Luka Palestina’ yakni IRMA Desa Ngayau, Kerukunan Keluarga Wajo, Majlis Ta’lim Al-Ikhlas Lembah Hijau, Masjid Al Muslimun, Masjid Assalam, Masjid Ar-Rahman, Masjid Mifathul Jannah, Masjid Nurul Huda, OSIS SMA Se-Sangatta, Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia PT KPC, PIK R Sangatta, PT. INTECS TEKNIKATAMA INDUSTRI, SD Islam Al-Ba’yah Bengalon, SD Negeri 002 Sangatta Utara, SD Negeri 003 Muara Ancalong, SD Negeri 003 Sangatta Utara, SD Negeri 004 Sangatta Utara, SD Negeri 007 Sangatta Utara, SD Negeri 010 Sangatta utara, SD Negeri 011 Sangatta Utara, SD Negeri 015 Sangatta Utara, SMA Negeri 1 Sangatta Utara, SMA Negeri 2 Sangatta Utara, SMP Negeri 1 Sangatta Selatan, SMP Negeri 4 Sangatta Utara, SMP Negeri 5 Sangatta Utara, SMP Negeri 6 Sangatta Utara, Tim Desa Senambah Kec. Muara Bengkal, Tim Konser Amal Majelis Dzikir Darul Bathny, Tim Munasharah Palestina Paqusata, Serta Masyarakat Kutai Timur secara personal.(*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram